Nigerian Scam Pun Bergerilya di LinkedIn.Com

Dua hari lalu, saya menerima email dari Linkedin. Ada yang mau gabung jadi connection saya di situ. Sebelum saya klik connect, ternyata dia sudah duluan ngirim email perkenalan lebay yang panjang dan melelahkan. Emang apa yang dia tulis?

Ini bukan kejadian pertama kali, yang pertama, dulu sekali, waktu masih kuliah, yang beginian juga sempat saya temui. Pertama lewat email, kedua minta nomer telpon, ketiga janjian ketemu.

Tapi ntar dulu, apa dan bagaimana Nigerian Scam Ini?
Intinya, Nigerian Scam ini penipuan dengan modus iming-iming ini itu lewat email. Kenapa dinamai Nigerian? Emang pelakunya cuma orang Niger? Yah, kurang lebih begitu, kebanyakan pelakunya orang sana.  Terakhir kompolotan ini tertangkap mabes polri. Link beritanya klik di sini

Nah, untuk mengenali Nigerian Scam ini gampang. Dia akan kirim email dengan cerita yang panjang dan cenderung lebay. Tapi, format penulisan emailnya menurut saya seragam. Mulai dari pendahuluan, middle setting, sampai penutup yang ujung-ujungnya uang.

Kembali ke LinkedIn
Misalnya, email yang saya terima dari linked ini. Seseorang dengan nama Husam Al Sayed, Bank Officer here in U.A.E at Bank Officer here in U.A.E (pastinya samaran dan akun palsu).

Pertama si Husam cerita, dia nyari seorang ahli waris yang namanya mirip dengan nama saya izulthea, bernama Mr Hussian Al-Izulthea (hahaha...tolol! izulthea itu bukan nama arab). si Mr Hussian Al-Izulthea ini diduga anak dari Hussian, orang kaya dari jawa yang tewas kena gempa bumi tahun 2006 yang menewaskan 5000 orang. (emang ada taun itu gempa yang tewasnya 5000 orang? nipu!).

Nah, si Hussian ini punya deposito bank senilai US$7.5 Million alias 7.5Juta DOLAR. DOLAAAAR CINNGGG..hahhaa..

Terus, penipu ini bilang, "karena nama mirip, bagaimana kalo kita bagi fifty-fifty, situ dapet bagian, sini juga. Tapi jangan bilang-bilang..."

Aeh, lucu, ngajak nipu, mau nipu, lalu bilang 'Jangan bilang-bilang ya.

email penipuan dengan pola yang seperti ini sering saya temui dan saya selalu lolos, dan nyaris saja, ketika kawan sekantor bilang, "mas zul, ini bener gak ya?"  dengan tanpa membaca seluruh teks saya tegas bilang, "itu nipu, itu namanya Nigerian Scam".

Jangan sampai ada yang tertipu lagi.

Pola Rayuan Nigerian Scam
Nah, bagi kawan yang pengen melihat pola cerita si penipu ini, sila amati screeshoot yang saya buat ini.

nigerian scammer
Share on Google Plus

About JackSparrow

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment