Bagaimana Membangun Blog yang Bernilai (Valuable Blog)

Membuat dan mengurus blog, tak hanya sekedar Anda memiliki blog lalu mengisinya begitu saja. Ada hal lain yang terkadang luput dari pikiran - - padahal hal itu sangatlah penting agar blog yang dibuat memiliki 'nyawa' dan bernilai.

Berdasarkan prinsip tadi maka jika ingin membuat blog, pikirkan dulu apa tujuan dari pembuatan blog itu sendiri. Jika uang adalah tujuan akhirnya, maka tak usah membuat blog yang ribet, cukup manfaatkan saja script-script yang biasa digunakan oleh pembuat blog sampah, yatu AutoGenerateContent atau yang lebih tenar dengan sebutan AGC Script.

Dengan script ini, kita bisa mendapatkan kunjungan / traffic yang melimpah, dan tak perlu khawatir dengan konten. Tapi, penggunaan script seperti ini hanyalah akan menumbuhsuburkan kebodohan sistemik saja. Selain Anda mendapatkan uang tentunya.

Bolehkah Copy Paste?
Hukum asal Copy Paste adalah haram, kecuali untuk hal-hal berikut ini.

  1. konten dari pengumuman

  2. konten dan dibebaskan oleh penulis aselinya untuk disalin

  3. konten yang berisi iklan

  4. konten yang berisi lowongan pekerjaan atau sejenisnya


Dan selain hal di atas, maka kembali hukumnya adalah haram.
Maka, Anda bisa saja membuat blog yang kontennya sama persis dari sumbernya, misalnya blog tentang lowongan kerja. Selebihnya, jika kita menyertakan sumber pengambilan artikel itu - - maka itu akan dianggap sebagai suatu hal yang baik.

Blog yang Ramai Pengunjung
Memiliki blog yang ramai pengunjung alias bertraffic tinggi adalah idaman semua blogger. Namun, tahukah Anda blog yang bagaimanakah yang berpengunjung banyak itu?

Dari penelusiran saya selama ini, Saya menyimpulkan bahwa blog yang berpengunjung tinggi adalah blog yang berorientasi kepada interest pembaca, alias apa yang dibutuhkan oleh banyak orang. Jika konten yang diisikan dalam blog itu semakin mewakili keinginan banyak orang, maka ramaiah blog itu.

Contoh gampangnya begini.
Coba Anda pikirkan, blog mana yang lebih ramai pengunjung, apakah blog yang berisi lowongan kerja ataukah blog yang berisi lirik lagu?
Tepat sekali, pastinya blog yang berisi lowongan kerja lebih banyak diminati ketimbang blog tentang lirik lagu.

Sekarang, coba anda bandingkan lagi, blog mana yang ramai pengunjung, apakah blog tentang lowongan kerja ataukah blog berita semacam portal?
Tepat sekal lagi. pastinya blog berita lebih banya pengunjung ketimbang blog lowongan kerja.

Maka dari dua contoh tadi,  bisa anda urutkan dari blog yang sedikit pengunjung sampai blog yang ramai pengunjung seperti berikut ini:

  1. Blog Lirik Lagu

  2. Blog Lowongan Kerja

  3. Blog Berita


Nah, begitulah cara saya memutuskan untuk membuat blog yang ramai pengunjung.

Masalahnya adalah, apa mungkin kita membuat blog tentang berita, sedangkan ini hanyalah sebuah blog, bukan portal berita lengkap dengan awak redaksinya? Copy Paste Dong?
Ya Nggak-lah. Kita masih bisa membuat blog berita, tanpa harus menyalahi aturan Copy Paste, misalnya seperti blog ini.

Langkah Berikutnya: Submit Search Engine
Setelah format blog sudah anda tentukan, maka selanjutnya adalah Anda konsisten mengisi blog itu. Atur sesuai kemampuan Anda asalkan Anda jaga konsistensi pengisiannya. Baru kemudia Anda lakukan submit search engine.

Submit Search Engine ini sangat perlu, karena tujuan utama kita adalah bagaimana agar blog kita terindeks di mesin pencari. Dengan demikian konten blog akan menyebar kesegala penjuru yang pada akhirnya akan mendatangkan kunjungan. Semakin banyak yang terindeks, semakin besar peluang blog kita untuk mendapatkan kunjungan.

Bicara mengenai teknisnya, Anda bisa mereview ulang tulisan saya tentang Submit Search Engine. Juga tentang indeks blog di google.

Jangan lupakan Social Networking
Dua hal pertama sudah anda lakukan, Konsisten mengisi blog dan mensubmit ke mesin pencari, maka ini adalah bagian pelengkapnya: Manfaatkan situs pertemanan sebagai ajang promosi blog.

Jika Anda melakukannya secara manual, tentunya akan menyita waktu Anda. Ada cara yang lebih rapi dan cepat yaitu dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang biasanya ada di situs pertemanan. Seperti apa? Lanjutkan bacaan Ana.

Ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan, namun dalam contoh ini saya menggunkan aplikasi RSS Grafitti (facebook). Ini bukanlah apliksi dengan installer yang membutuhkan donwload dan instalasi. Tapi ini aplikasi yang bisa Anda gunakan langsung dari akun facebook Anda.

Prinsip kerjanya sangat sederhana: Anda mengijinkan aplikasi ini mengisi konten wall Anda, Lalu aplikasi akan memasukkan konten dari rss blog Anda lansung ke wall Anda - tepatnya setiap kali Anda update.

Selanjutnya, Anda bisa mencari berbagai layanan online sejenis yang prinsip kerjanya seperti RSS Grafitti ini.

Penutup
Anda bisa melakukan uji validasi metode yang saya terapkan ini dengan metode Anda sendiri, hingga nantinya Anda sampai pada kesimpulan akhir. Saya yakin, Anda akan memiliki kesimpulan yang sama dengan saya.

Sebagai penutup, silakan Anda ujicoba metode ini
1. buatlah 3 buah blog (benar-benar baru dari nol). Blog pertama berisi tentang lirik lagu, blog ke dua berisi tentang lowongan kerja, blog ke tiga tentang berita aktual
2. beri perlakuan sama untuk semua blog itu, misalnya mulai dari jumlah submit artikel perharinya, sebaran ke facebooknya, widget blognya, dsb.
3. lalu coba perhatikan grafik alexanya untuk ketiga blog itu, misalnya untuk tenggat waktu satu bulan.

Jika sudah anda cobakan, saya menantikan komentar Anda di bawah ini.
Share on Google Plus

About JackSparrow

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment